Tumbuh Kembang | Monday 22 Jul 2019

4 Cara Untuk Bantu Anak Tumbuh Tinggi

Setiap orang tua mengharapkan anak-anaknya tumbuh maksimal. Tanpa terkecuali dengan maksimalkan pertumbuhan tinggi badannya. Berbagai macam cara dilakukan oleh para orang tua supaya pertumbuhan tinggi anaknya menjadi ideal. Terlebih disaat masih masa pertumbuhan, sangat memungkinkan untuk anak bertambah semakin tinggi.

Tinggi badan setiap anak dipengaruhi oleh dua faktor yaitu genetik dan non-genetik. Orang tua bisa memaksimalkan faktor non-genetik ini untuk berusaha meningkatkan tinggi badan anak. Faktor non-genetik ini mengacu pada nutrisi makanan serta aktivitas yang menstimulasi pertumbuhan tulang.

Terdapat 3 cara untuk membantu anak mendapatkan tinggi badan yang optimal.

Penuhi kebutuhan nutrisi sejak awal

Nutrisi dari asupan makanan sehari-hari tentu memiliki pengaruh yang banyak terhadap tumbuh kembang anak. Anak yang tercukupi pemenuhan nutrisinya akan lebih cepat untuk tumbuh tinggi. Ibu bisa memberikan beragam bahan makanan yang mengandung protein, mineral serta vitamin yang berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan badan anak khususnya tulang dan otot.

  1. Protein

    Protein adalah kebutuhan utama yang diperlukan tubuh untuk membangun jaringan tubuh. Sel-sel tubuh pada anak dibangun oleh protein yang diserap oleh tubuh dari berbagai bahan makanan yang kaya akan sumber vitamin.

    Protein berguna untuk pertumbuhan tulang, otot, organ, kulit dan gigi karena memiliki asam amino sebagai hormon pertumbuhan. Ibu bisa memberikan asupan makanan yang tinggi protein seperti telur, gandum, kacang-kacangan, susu, daging putih, daging merah, dan hasil laut.

    Ibu perlu memperhatikan kebutuhan protein anak, supaya dapat terhidar dari masalah kesehatan seperti pertumbuhan tidak normal, sistem imun yang lemah, serta kehilangan massa otot.

  2. Mineral

    Kalsium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga bermanfaat supaya tulang semakin padat dan terhindar dari osteoporosis. Sebaiknya saat anak sedang dalam masa pertumbuhan, konsumsi soda, garam dan gula dibatasi. Ketiga hal tersebut merupakan inhibitor kalsium atau penghambat pencernaan kalsium.

    Jenis mineral yang lain dan terkandung pada makanan seperti fosfor, magnesium, yodium, zat besi dan mangan bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan dan perkembangan tubuh anak. Untuk memberi nutrisi mineral pada anak, ibu bisa memberikan asupan dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

  3. Vitamin

    Sebagai upaya memperkuat tulang agar bisa tumbuh dengan maksimal, vitamin D sangat diperlukan oleh tubuh. Keberadaan vitamin D membantu tubuh untuk penyerapan kalsium. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan pertumbuhan tulang tidak maksimal sehingga akan berpengaruh pada tinggi anak.  Selain vitamin D, berbagai jenis vitamin A, B11, B2, vitamin C dan vitamin F juga bermanfaat untuk pertumbuhan. Nah, vitamin-vitamin tersebut banyak ditemukan di buah, sayur dan daging.

Isitirahat cukup

Memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anak. Dengan mimiliki tidur yang cukup maka penyerapan asupan makanan pada tubuh juga dapat diserap maksimal. Membiasakan anak untuk tidur tidak larut malam baik lho untuk kesehatan, Bu. Selain itu juga mendukung agar tubuhnya dapat berproses dengan optimal.

Maksimalkan masa puber

Meskipun asupan nutrisi telah terjaga sejak kecil, akan tetapi Ibu bisa memaksimalkan waktu pubertasnya untuk menambah tinggi badan anak. Hal ini dikarenakan saat puber, tubuh akan berkembang dengan semakin cepat. Terdapat sedikit perbedaan puber wanita dan laki-laki. Biasanya wanita akan melewati masa puber pada usia 8-13 tahun, sedangkan laki-laki pada usia 9-14 tahun.

Selama masa puber ini ibu sebaiknya memberikan asupan makanan secara maksimal, sehingga pertumbuhannya juga semakin optimal. Inilah saat yang tepat untuk memaksimalkan tinggi anak, karena setelah lewat masa puber, tinggi anak cenderung tidak akan bertambah.

Minum susu pertumbuhan

Menambah tinggi dengan mengonsumsi susu pertumbuhan juga bisa dilakukan. Susu pertumbuhan turut memaksimalkan pertumbuhan anak karena kandungan lengkapnya. Pada susu pertumbuhan, terdapat protein, vitamin dan mineral yang telah diracik untuk pemenuhan gizi pada tubuh anak.

Susu memiliki manfaat untuk membantu mengoptimalkan tinggi anak. Tidak ada salahnya jika ibu memberikan susu pertumbuhan pada anak sejak kecil dan membiasakan mereka untuk gemar minum susu. Ibu bisa mulai memberikan si Kecil Susu Bendera 1Plus dengan GizziCompli yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan serta 13 vitamin dan 8 mineral. Nutrisi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan harian si Kecil. Tersedia rasa madu dengan harga yang lebih ekonomis. 

Dengan memaksimalkan berbagai cara tersebut diharapkan dapat memaksimalkan kerja tubuh sehingga pertumbuhan tulang maksimal dan anak jadi tumbuh lebih tinggi lagi ya, Bu.

Artikel

Penting! Penuhi Kebutuhan Zat Besi Untuk Pertumbuh...

Lihat

Kenali Manfaat Multivitamin Untuk Tumbuh Kembang A...

Lihat

Kandungan Susu yang Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Lihat

Efektifkah Minum Susu Penambah Tinggi Badan?

Lihat

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Untuk Memilih Susu...

Lihat