Tumbuh Kembang | Monday 22 Jul 2019

Ingin Anak Tumbuh Optimal? Yuk Intip Tipsnya

Usia emas anak terjadi pada 5 tahun pertama pertumbuhannya. Pada masa ini pertumbuhannya amat pesat baik itu fisik maupun kecerdasannya. Sel-sel syaraf mulai terhubung satu sama lain, dan hal inilah yang dapat menentukan kecerdasan anak. Memahami pentingnya usia emas, maka masa ini menjadi momen untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak.

Bisa dikatakan bahwa usia emas merupan masa kritis bagi anak, karena saat itulah landasan dan fondasi perkembangannya terbentuk. Dengan menguatkan pondasinya maka kedepan anak akan tubuh lebih baik. Banyak orangtua yang masih kurang memperhatikan usia emas anaknya, sehingga masih banyak anak yang mengalami pertumbuhan yang kurang maksimal. Nah, sekarang saatnya Ibu semakin memperhatikan dan mengoptimalkan perkembangan anak dengan beberapa tips berikut ini.

Berikan afeksi yang cukup

Afeksi atau kebutuhan akan kasih sayang tentunya dibutuhkan sepanjang waktu. Namun, pada masa awal pertumbuhannya, afeksi sangatlah berperan dalam membantu perkembangan anak khususnya motoric dan sensorik. Afeksi berguna untuk semakin mempererat kedekatan anak dan orangtuanya.

Membangun ikatan yang baik antara anak adan orang tua sejak kecil adalah hal yang harus dilakukan. Salah satu cara untuk memberikan afeksi adalah dengan Ibu menyusui anak. Ketika menyusu anak akan merasa nyaman, sehingga dia akan senang berdekatan dengan Ibu dan meminum ASI. DImana ASI pada usia awal adalah sumber utama nutrisi untuk tubuhnya.

Afeksi juga bisa diberikan lewat tatapan, sentuhan, dekapan dan tentunya waktu yang berkualitas untuk anak. Bermain bersama anak juga dapat menunjukkan afeksi dari orang tua. Dengan begitu anak akan semakin merasa diperhatikan dan hal itu baik untuk kesehatan mental anak.

Stimulasi

Kemampuan motoric dan sensoric pada anak usia emas sedang berkembang dengan pesat. Ibu bisa membantu untuk mengoptimalkan kemampuann dengan berbagai cara. Caranya seperti dengan mengajak anak bermain, membacakan dongeng, mengajarinya bernyanyi, dan beraktivitas sesuai dengan perkembangan anak.

Sebenarnya kemampuan sensorik sudah bisa dilatih ketika anak masih dalam kandungan. Dengan menagajak anak berbicara saat masih dalam kandungan, dapat membantu anak untuk mulai belajar bahasa sedikit demi sedikit. Ibu sebaiknya berikan stimulasi yang baik yang meliputi aspek motoric, sensorik, bahasa, kognitif dan emosionalnya.

Pantau kesehatannya

Hal yang tentunya sangat penting adalah kesehatan anak. Memperhatikan tiap detail perkembangan perumbuhannya tentunya akan melihat kondisi kesehatan anak. Dengan teliti untuk memantau kesehatan anak, makan resiiko anak terjangkit penyakit tertentu atau ada hal pada pertumbuhan dirasa janggal, maka Ibu bisa mengetahui dan dengan segera berkonsultasi dengan pihak medis professional.

Optimalkan perkembangan otaknya

Syaraf-syaraf pada anak saat usia emas saling terhubung satu sama lain. Pemberian stimulus seperti mendengarkan lagu-lagu yang menenangkan, bermain game seperti menata balok, belajar menghafal, merasakan, melempar dan melakukan aktivitas yang menyenangkan lainnya. Nah, Ibu bisa menggunakan momen ini untuk semakin dekat dengan anak.

Optimalkan nutrisinya

Nutrisi menjadi hal pokok untuk menunjang pertumbuhan anak. Anak yang mendapatkan nutrisi harian yang cukup akan membantu pertumbuhannya berjalan normal. Sebaiknya dalam sehari ibu dapat menerapkan menu makan dengan gizi seimbang. Dimana gizi seimbang mencakup berbagai nutrisi dalam satu piring. Jenis nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh yaitu protein, mineral, serat, dan berbagai vitamin.

Semakin beragam makanan yang Ibu berikan maka akan memberikan nutrisi yang semakin banyak. Keragaman jenis makanan dalam satu piring ini yang sedang santer dikampanyekan oleh pemerintah melalui Kementrian Kesehatan. Harapannya anak usia emas dapat tumbuh dengan optimal, sehingga keterbelakangan pertumbuhan  bisa dihindari.

Optimalkan nutrisi bisa juga dilakukan dengan mengonsumsi susu. Pada susu telah cukup lengkap kandungan nutrisinya. Namun Ibu perlu perhatikan apakah anak alergi protein susu atau tidak. Susu pertumbuhan bisa juga menjadi pilihan untuk Ibu memberikan nutrisi bagi anak.

Ibu bisa juga memilih susu pertumbuhan untuk anak. Susu pertumbuhan juga memiliki manfaat yang baik bagi pertumbuhan anak. Ibu bisa memberikan Susu Bendera 1Plus dengan GizziCompli yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan serta 13 vitamin dan 8 mineral. Nutrisi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan harian si Kecil. Tersedia rasa madu yang pasti disukai anak, dengan harga yang lebih ekonomis.

Setiap anak diciptakan dengan kemampuan dan pertumbuhannya masing-masing. Sehingga Ibu tidak serta-merta membandingkan satu anak dengan yang lain. Yuk terus berusaha untuk memberikan yang terbaik pada usia emasnya ini, sehingga anak bisa tumbuh dengan optimal.

Artikel

Penting! Penuhi Kebutuhan Zat Besi Untuk Pertumbuh...

Lihat

Kenali Manfaat Multivitamin Untuk Tumbuh Kembang A...

Lihat

Kandungan Susu yang Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Lihat

Efektifkah Minum Susu Penambah Tinggi Badan?

Lihat

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Untuk Memilih Susu...

Lihat