Nutrisi | Monday 22 Jul 2019

Jenis Makanan Kaya Omega 3 Yang Baik Untuk Pertumbuhan Anak

Mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik bisa diawali dengan menjaga gaya hidup sehat. Salah satunya dengan menerapkan menu gizi seimbang bagi keluarga. Melalui menu makanan yang memiliki nutrisi yang cukup dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian khususnya bagi si Kecil. Nah, tahukah ibu salah satu nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan si Kecil adalah Omega 3.

Omega 3 memiliki tiga kandungan penting yaitu ALA (alphalinolenic acid), DHA (decosahaxaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid). ALA merupakan asam lemak utama yang terdapat dalam Omega 3, dimana ALA ketika masuk ke tubuh akan diubah menjadi EPA dan DHA. Ketiga kandungan tersebut sangatlah baik bagi perkembangan otak dan mata si Kecil.

Sebagian besar orang mengetahui bahwa Omega 3 bersumber pada minyak hati ikan Cod. Memang benar bahwa ikan Cod memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi. Akan tetapi, bagi sebagian anak minyak ikan kurang disukai karena adanya aroma amis yang muncul. Jika si Kecil memiliki alergi terhadap ikan, Ibu bisa memberikan variasi bahan makanan yang juga kaya akan Omega-3. Yuk simak jenis-jenis makanan apa saja yang tinggi Omega-3.

Omega 3 dari sumber makanan nabati

  1. Kacang-kacangan

    Menu alternatif yang memiliki kandungan Omega 3 tinggi adalah bahan makanan yang masuk pada jenis kacang-kacangan, salah satunya adalah kacang kedelai. Kacang kedelelai memiliki sekitar 300 mg asam lemak Omega 3. Selain kaya Omega 3, kacang kedelai juga mengandung protein dan serat yang sangat baik untuk pencernaan si Kecil.

    Jenis kacang-kacangan yang lain misalnya kacang almond, kacang merah, kenari, walnut, dan hazelnut. Kacang-kacangan ini bisa disajikan dengan berbagai macam cara seperti dibuat jadi tempe, direbus, dipanggang atau dijadikan susu.

  2. Biji-bijian

    Omega 3 juga bisa didapatkan dari biji-bijian, seperti chia sheed, pumpkin seed, dan biji gandum. Salah satu biji-bijian yang popular akan Omega 3 adalah chia seed. Chia seed ini meskipun bentuknya kecil namun kandungan Omega 3 cukup tinggi. Chia seed memiliki indeks glisemik yang rendah sehingga dapat membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah.  Ibu perlu berkonsultasi ke ahli gizi terlebih dahulu jika akan memberikan chia seed ini kepada si Kecil yang masih dibawah 1 tahun.

  3. Minyak Nabati

    Minyak yang bersumber dari biji-bijian memiliki kandungan ALA yang tinggi, Ibu bisa menggunakan minyak kanola, minyak biji rami, minyak zaitun, dan minyak walnut sebagai sumber Omega 3 pada makanan yang disajikan. Supaya kandungan Omega 3 tetap terjaga, Ibu perlu memperhatikan cara menyimpan dan cara mengolah supaya tidak terkena suhu yang panas karena dapat merusak kualitas nutrisinya.

  4. Sayuran

    Rutin memakan sayur sangat baik bagi kesehatan, karena pada sayur-sayuran juga terkandung Omega 3. Sayuran yang bewarna hijau dapat menjadi sumber Omega 3, misalnya brokoli, bayam, kale, rumput laut, kangkung, selada dan sayuran hijau lainnya. Ibu bisa menyajikannya menjadi sup, tumis, salad atau kreasi masakan lainnya. Nutrisi yang terkandung pada sayuran sangat baik untuk tumbuh kembang si Kecil.

  5. Buah-buahan

    Ternyata buah-buahan juga memiliki kandungan Omega 3 juga lho, Bu. Buah-buah seperti jambu biji, labu, strawberry, alpukat, papaya, dan kiwi bisa menjadi alternatif pilihan sumber nutrisi yang mengandung Omega 3. Buah-buahan juga banyak mengandung vitamin, serat dan mineral yang sangat baik bagi kebugaran tubuh si Kecil.

Omega 3 dari sumber makanan hewani

  1. Boga bahari

    Beberapa jenis hewan laut juga memilki kandungan Omega 3 yang tinggi. Jenis ikan laut seperti Mackarel, Tuna, Sarden dan ikan Cod kaya akan kandungan Omega 3. Selain itu, jenis Udang, Kerang dan Kepiting juga kaya Omega 3. Pada porsi yang tidak berlebihan, hasil laut tersebut dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya menyehatkan jantung.

  2. Ikan air tawar

    Memberikan lauk dengan jenis ikan air tawar juga baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Jenis ikan air tawar yang mempunyai kandungan Omega yang sama besarnya dengan ikan laut bisa ditemui pada ikan Mas, ikan Mujair dan ikan Lele. Selain itu ikan tawar memilki kandungan protein yang lebih tinggi serta tidak ada resiko kandungan logam.

  3. Daging sapi

    Daging sapi juga memiliki kandungan Omega 3 yang  baik untuk tumbuh kembang si Kecil dan memperbaiki kinerja jantung.

  4. Telur, susu dan olahan susu

    Telur tidak hanya kaya akan protein akan tetapi memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi. Terutama telur yang diproduksi oleh ayam yang makan-makanan organik sehingga tidak mengonsumsi zat kimia pada pakannya. Telur mengandung sekitar 115 mg Omega 3.

Produk susu dan olahannya seperti keju dan yoghurt juga memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi. Susu kaya akan protein, kalsium, zat besi, fosfor yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang sehingga akan membantu anak untuk tubuh tinggi lebih cepat. Baik itu susu sapi maupun susu kambing juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Produk susu pertumbuhan saat ini pun sudah banyak mengandung Omega 3 dan gizi yang komplit. Ibu bisa memberikan Susu Bendera 1Plus dengan GizziCompli yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan serta 13 vitamin dan 8 mineral. Nutrisi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan harian si Kecil. Tersedia rasa madu yang pasti disukai si Kecil dengan harga yang lebih ekonomis.

Nah, ternyata banyak juga ya Bu jenis makanan yang dapat memberikan asupan Omega 3 untuk si Kecil. Ibu bisa memberikan asupan makanan tentunya dengan mempertimbangkan kondisi tubuh si Kecil, jika ibu ragu-ragu, konsultasi ke ahli gizi juga bisa menjadi cara yang bijak untuk memberikan asupan terbaik untuk si Kecil.

Artikel

Sudah Tau Manfaat Susu Tinggi Protein Untuk Si Kec...

Lihat

Kenali Manfaat Vitamin Pada Susu Untuk Pertumbuhan...

Lihat

Kenali Manfaat Minyak Ikan Bagi Pertumbuhan Anak

Lihat

Yuk! Ganti 4 Sehat 5 Sempurna dengan Konsep Gizi S...

Lihat