Nutrisi | Monday 22 Jul 2019

Kenali Manfaat Vitamin Pada Susu Untuk Pertumbuhan Anak

Susu merupakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Keberadaan susu dijadikan sebagai pelengkap nutrisi harian yang baik untuk pertumbuhan anak. Pada susu terkandung protein, vitamin dan mineral. Menurut para ahli ketiga kandungan tersebut dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak. Sehingga dengan biasa minum susu sejak kecil dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Susu memiliki kandungan vitamin yang beragam, mulai dari vitamin A, D, B1 dan B12. Vitamin tersebut memiliki manfaat masing-masing bagi tubuh. Untuk tahu lebih lanjut tentang manfaat dari vitamin yang ada pada susu, yuk simak penjelasan berikut ini.

Vitamin B1

Kandungan vitamin B1 pada susu memiliki banyak manfaat untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Nah, glukosa tersebut yang akan memberikan energi pada tubuh anak. Selain itu vitamin B1 sangat bermanfaat untuk syaraf dan kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi B1 akan lebih berenergi untuk menjalankan aktivitasnya, sehingga tubuhnya menjadi lebih bugar dan terhindar dari sakit yang dapat menyebabkan anak jadi rewel.

Vitamin B12

Susu juga kaya akan B12 yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah, supaya anak terhindar dari anemia. Selain itu B12 dalam susu juga membantu proses pembelahan sel serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh pada anak. Dengan memiliki cukup vitamin B12 dapat membuat anak lebih tahan terhadap berbagai resiko tertular penyakit.

Vitamin D

Vitamin D pada susu bermanfaat untuk membantu tubuh pada proses penyerapan kalsium. Seperti yang Ibu telah ketahui, bahwa vitamin D bermanfaat untuk kepadatan tulang dan pertumbuhan gigi. Sehingga dengan memiliki cukup vitamin D dapat mengurangi resiko terkena penyakit osteoporosis ketika tua nanti atau rakhitis yang menyerang pada masa kanak-kanak. Vitamin D juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.

Meminum susu memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi susu setiap hari sangat dianjurkan dalam upaya memenuhi gizi harian anak. Secara umum susu memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

    Susu yang kaya akan sumber kalsium dan fosfor mampu menguatkan tulang dan gigi anak.

  2. Menjaga berat badan tetap ideal

    Meskipun banyak pihak menuding dengan meminum susu menyebabkan seseorang obesitas, hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena obesitas memiliki berbagai macam faktor. Bahkan beberapa penelitian mengungkapkan dengan melakukan diet susu dapat membantu menurunkan berat badan dan  menjaga masa otot.

  3. Memelihara kesehatan jantung

    Kesehatan jantung anak akan semakin baik, tentunya ini menjadi investasi besar untuk masa yang akan dating. Susu mengandung kalium dan sodium sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

  4. Membantu pemulihan dari sakit

    Susu mengandung berbagai vitamin yang dapat membantu tubuh mengembalikan sistem kekebalan tubuhnya. Jika anak sakit, Ibu bisa memberikan susu agar penyembuhannya lebih cepat.

Supaya pertumbuhan optimal, Ibu perlu memperhatikan takaran konsumsi susu harian sesuai dengan usia anak. Anak dengan usia 2-3 tahun sejumlah 2 gelas susu/hari. Untuk usia 4-8 tahun mengonsumsi sekitar 2-3 gelas perhari, sedangkan anak di atas 9 tahun mengonsumsi susu 3 gelas perhari.

Ketika memilih susu ibu juga harus berhati-hati. Terdapat beberapa jenis susu yang dijual di pasaran. Sebaiknya cek komposisi gizi yang ada pada label dan sesuaikan dengan kebutuhan anak ya Bu. Selain itu, Ibu bisa juga memilih susu pertumbuhan untuk anak. Susu pertumbuhan juga memiliki manfaat yang baik bagi pertumbuhan anak. Ibu bisa memberikan Susu Bendera 1Plus dengan GizziCompli yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan serta 13 vitamin dan 8 mineral. Nutrisi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan harian si Kecil. Tersedia rasa madu yang pasti disukai anak, dengan harga yang lebih ekonomis.

Wah banyak sekali ya Bu manfaat vitamin dan berbagai kandungan lengkap yang ada pada satu gelas susu. Yuk, berikan susu pada anak sebagai pelengkap nutrisinya supaya pertumbuhan semakin maksimal dan terhindar dari penyakit. Pilihlah susu yang sesuai dengan porsi, komposisi dan usia anak.

Artikel

Sudah Tau Manfaat Susu Tinggi Protein Untuk Si Kec...

Lihat

Jenis Makanan Kaya Omega 3 Yang Baik Untuk Pertumb...

Lihat

Kenali Manfaat Minyak Ikan Bagi Pertumbuhan Anak

Lihat

Yuk! Ganti 4 Sehat 5 Sempurna dengan Konsep Gizi S...

Lihat