Tumbuh Kembang | Monday 22 Jul 2019

Penting! Penuhi Kebutuhan Zat Besi Untuk Pertumbuhan Anak

Masa tumbuh kembang anak selalu dikaitkan dengan pemenuhan nutrisi yang cukup untuk si Kecil. Memperhatikan kebutuhan nutrisi si Kecil menjadi hal yang wajib dilakukan oleh orang tua. Memberikan asupan makan dengan gizi seimbang menjadi salah satu cara untuk memastikan si Kecil mendapatkan nutrisi lengkap. Asupan gizi yang seimbang dalam makanan terdiri atas protein, mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah zat besi. Zat besi merupakan komponen penting dalam tumbuh kembang si Kecil. Keberadaanya berperan dalam memproduksi sel darah merah dan menyusun haemoglobin yang akan meningkatkan kadar oksigen. Haemoglobin tersebut akan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga organ-organ tubuh akan mendapatkan oksigen yang berguna dalam memperlancar aktivitasnya.

Apa saja manfaat zat besi?

  1. Meningkatkan kecerdasan otak

    Tercukupinya sel darah merah yang kaya oksigen akan membuat otak bisa berkembang dan bekerja dengan maksimal. Sehingga dapat mengoptimalkan terhubungnya syaraf-syaraf pada otak yang berpotensi untuk meningkatkan kecerdasan si Kecil. Selain itu, tercukupinya zat besi untuk otak juga bermanfaaat dalam menjaga daya ingat, kemampuan berpikir akan meningkat serta membuat si Kecil lebih mudah mempelajari hal-hal baru.

  2. Meningkatkan produksi kolagen

    Zat besi berperan penting dalam sistem enzimatik dalam tubuh si Kecil. Kolagen sangat bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang. Memiliki zat besi yang cukup dapat membuat tulang semakin padat dan terhindar dari resiko pengeroposan tulang.

  3. Terhindar dari anemia

    Kekurangan zat besi atau anemia tidak hanya terjadi pada usia dewasa. Si Kecil juga bisa terkena kekurangan zat besi lho, Bu. Anemia dapat membuat si Kecil terganggu pertumbuhan organnya. Si Kecil akan terlihat pucat, kurang bertenaga, tidak nafsu makan dan detak jantung tidak normal.

  4. Mecegah kerontokan rambut

    Zat besi sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kesuburan rambut. Jika terjadi kerontokan rambut bisa jadi faktor penyebabnya adalah kurangnya asupan zat besi pada tubuh si Kecil. Sehingga Ibu perlu memberikan tambahan asupan zat besi pada makanannya dan berkonsultasi ke ahli medis.

  5. Terhindar dari resiko kesehatan bayi dalam kandungan

    Kebutuhan zat besi sangat diperlukan ketika bayi masih dalam kandungan, Ibu hamil perlu mendapatkan asupan zat gizi yang lebih banyak untuk tumbuh kembang janin. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan resiko bayi lahir premature, bayi lahir dengan berat badan rendah dan resiko kematian bayi yang baru lahir.

Mengetahui berbagai manfaat yang sangat penting bagi tumbuh kembang si Kecil tentunya akan membuat Ibu semakin bersemangat untuk terus memberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Nah, berapa sih kebutuhan zat besi pada anak? Berikut informasinya untuk Ibu:      

Kelompok

Umur

Zat Besi (mg/hari)

Infant

0-6 bulan

0,27

7-12 bulan

11

Anak -anak

1-3 tahun

7

4-8 tahun

10

sumber : zywielab.com/kategori/zat-besi

Meskipun begitu, kebutuhan zat besi pada tiap anak akan berbeda-beda tergantung aktivitas dan kebutuhan tubuh si Kecil. Pada bayi, kadar sel darah merah harus lebih dari 11 mg, kurang dari itu diperlukan terapi zat besi lebih lanjut.

Tips memenuhi kebutuhan zat besi pada si Kecil :

  1. Berikan asupan makanan yang kaya zat besi

    Zat besi banyak ditemukan pada bahan makanan baik itu nabati maupun hewani. Selain memberikan suplemen zat besi, Ibu bisa memberikan tambahan zat besi dari asupan makanan sehari-hari. Beberapa jenis makanan tersebut misalnya hati sapi atau ayam, daging merah tanpa lemak, tiram, udang, ikan tuna, daging ayam, telur, brokoli, bayam, kacang kedelai, tahu, dan buah buahan seperti kurma dan kismis.

  2. Seimbangkan dengan asupan vitamin C

    Supaya zat besi yang masuk ke dalam tubuh terserap dengan baik, Ibu bisa memberikan sumber vitamin C ketika makan. Vitamin C berguna untuk membantu menyerap zat besi pada tubuh.

  3. Batasi jumlah susu cair

    Sebaiknya minum susu jangan bersamaan dengan makan, terutama sumber makanan yang tinggi akan zat besi. Hal ini dikarenakan zat besi akan kurang maksimal diserap oleh tubuh jika bersamaan dengan susu.

  4. Berikan cemilan yang kaya zat gizi

    Disela-sela jadwal makan berat si Kecil, berikan cemilan sehat yang tinggi zat besi seperti buah-buahan dan sereal.

Zat besi memiliki manfaat yang penting terhadap perkembangan fungsi organ dan kesehatan si Kecil. Terdapat berbagai sumber makanan nabati dan hewani yang dapat menunjang kebutuhan zat besi bagi si Kecil. Ibu harus terus memperhatikan kecukupan gizi si Kecil dan jika perlu ibu bisa juga berkonsultasi dengan ahli gizi ya, Bu.

 

Artikel

Kenali Manfaat Multivitamin Untuk Tumbuh Kembang A...

Lihat

Kandungan Susu yang Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Lihat

Efektifkah Minum Susu Penambah Tinggi Badan?

Lihat

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Untuk Memilih Susu...

Lihat

Ingin Anak Tumbuh Optimal? Yuk Intip Tipsnya

Lihat