Tips | Monday 22 Jul 2019

Yuk Berikan Menu Kreatif Penuh Nutrisi Untuk Anak Usia 1 Tahun

Anak memasuki umur 1 tahun harus mendapatkan berbagai asupan nutrisi dari berbagai makanan di luar ASI. Usia emas pertumbuhannya harus dimaksimalkan dengan memberikan makanan yang kaya akan protein, vitamin, serat, karbohidrat dan berbagai mineral.

Ibu pasti sangat bersemangat untuk memberikan berbagai macam makanan untuk si Kecil. Akan tetapi, tak jarang si Kecil malah enggan untuk memakan makanan yang telah Ibu siapkan. Hal ini wajar terjadi jika anak pilih-pilih makanan, karena berarti anak sudah mulai belajar mandiri untuk menentukan makanan apa yang ingin dimakan.

Ibu perlu mencari cara agar makanan yang Ibu sajikan menarik minat si Kecil untuk makan, terlebih untuk anak yang sulit makan. Salah satunya dengan menyajikan kreasi menu makanan yang menarik. Tidak hanya menarik saja namun juga makanan yang kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Nah, berikut ada beberapa kreasi menu yang bisa ibu sajikan untuk si Kecil.

Kentang Tuna Saus Bayam

Si Kecil membutuhkan nutrisi seperti Omega 3, omega 6, karbohidrat, vitamin dan berbagai mineral seperti zat besi dan zinc. Nutrisi tersebut dapat ibu berikan melalui menu kentang tuna saus bayam, dengan resep berikut ini:

Bahan : 40 gram daging tuna kukus yang telah dihaluskan dan 1 butir kentang rebus ukuran sedang.

Saus bayam : mentega, bawang Bombay, tepung maizena, susu cair dan daun bayam kukus iris tipis.

Cara membuat : Campurkan ikan dan kentang dalam satu mangkuk.

Untuk sausnya, panaskan mentega tumis bawang Bombay, masukkan tepung maizena. Masukkan susu aduk hingga kental dan masukkan daun bayam lalu aduk. Terakhir tuangkan saus ke wadah yang berisi ikan dan kentang. Siap disajikan untuk si Kecil.

Bubur Jagung Manis

Jagung merupakan sumber makanan dengan kalori tinggi. Nutrisinya mengandung lemak, vitamin, mineral dan juga serat yang sangat baik untuk tubuh si Kecil. Nah menu masakan dari jagung ini bisa ibu kreasikan untuk makanan si Kecil.

Bahan : 2 jagung manis disisir, susu cair, tepung maizena

Cara membuat : rebus sisiran jagung manis bersama susu cair kemudian encerkan tepung maizena dan masukan sedikit demi sedikit. Aduk hingga jagung cukup lunak. Bubur jagung manis siap disantap si Kecil.

Nasi Tim Brokoli Wortel

Brokoli dan wortel mengandung gizi seperti zat besi, vitamin A, asam folat dan serat alami. Nasi Tim Brokoli Wortel selain mudah dicerna tentunya kandungan gizi dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi si Kecil.

Bahan : 100gr wortel parut, 90 nasi setengah matang, 50 gr daging ayam giling, setengah buah tomat potong kotak kecil, 1 butir kuning telur, garam, dan air.

Cara membuat : Dalam wadah masukkan nasi, wortel, daging ayam, tomat, kuning telur dan garam. Masukkan ke mangkuk dan berikan air, pastikan mangkuk yang digunakan tahan panas. Kukus mangkuk tersebut pada panci hingga matang. Jika sudah, angkat lalu sajikan ke si Kecil.

Tofu kuah wortel

Tofu yang berbahan dasar kedelai sangat baik untuk memberikan asupan nutrisi seperti protein dan vitamin D. Dikombinasikan dengan wortel yang tinggi akan vitamin, serat dan antioksidan sangat baik untuk kesehatan mata si Kecil.

Bahan : 150ml kaldu ayam, 40gr wortel parut, 50 gr daging ayam cincang, 50 gr tofu potong dadu kecil, mentega, garam

Cara membuat : panaskan mentega, lalu masukkan daging ayam cincang dan tofu, aduk perlahan sampai matang. Kemudian masukkan kaldu ayam, wortel dan garam, aduk lagi dan koreksi rasa. Tunggu hingga matang lalu sajikan.

Nasi Goreng Sayur

Mencampur nasi goreng dengan sayur-sayuran berfungsi untuk menyeimbangkan antara karbohidrat, protein, serat dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh si Kecil. Berikut adalah cara dan bahan untuk membuat nasi goreng sayur:

Bahan : 1 sdm mentega, 1 bawang merah iris halus, daun bawang iris halus, telur, sayuran, kecap asin, kecap ikan, tomat dan nasi pulen.

Cara membuat : Tumis bawang merah dan daun bawang hingga harum, masukkan telur, sayuran, kecap asin, kecap ikan dan saus tomat aduk hingga tercampur rata. Tunggu sampai matang. Lalu masukkan nasi lalu aduk lagi sampai rata. Nasi goreng sayur siap disajikan.

Risotto Ayam Wortel

Protein dari daging ayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga berguna untuk tumbuh kembang si Kecil. Dtambahakan dengan keju dan susu yang memiliki protein serta kalsium yang berguna untuk tulang dan giginya. Supaya seimbang, wortel ditambahkan untuk menambahkan vitamin dan serat alami untuk tubuh.

Bahan : 150 ml air kaldu, 100 ml susu cair, 4 sdm keju parut, 3 sdm daging ayam cincang, 1 centong nasi, 1 buah wortel parut halus, ¼ bawang Bombay, 1 siung bawang putih cincang halus, garam, lada, gula, mentega, parsley.

Cara membuat : panaskan mentega untuk menumis bawang Bombay dan bawang putih hingga layu dan harum. Masukkan daging ayam cincang dan masak hingga matang. Kemudian masukkan wortel sambil diaduk, masukkan air kaldu, susu dan keju. Tunggu hingga mendidih dan terlihat menyusut. Sajikan dengan taburi sedikit daun parsley.

Nah, itu tadi 6 menu kreatif yang bisa ibu coba untuk meningkatkan kelahapan makan si Kecil. Berilah menu dan bahan makanan yang berbeda supaya si Kecil tidak bosan. Ibu bisa juga menghias makanan dengan membentuknya seperti tokoh kartun tertentu supaya semakin menarik. Pastikan asupan makanannya mengandung berbagai nutrisi yang kaya akan protein, kalsium, mineral, serat, dan vitamin ya, Bu.

Selain itu, lengkapi juga nutrisinya dengan memberikan Susu Bendera 1Plus dengan GizziCompli yang terdiri atas protein, omega 3, omega 6, minyak ikan serta 13 vitamin dan 8 mineral. Nutrisi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan harian si Kecil. Tersedia rasa madu yang pasti disukai si Kecil dengan harga yang lebih ekonomis.

Artikel

Jangan Panik, Berikut 6 Cara Penuhi Nutrisi Anak y...

Lihat